Kamis, 07 November 2013

Superkomputer

Pengertian Superkomputer


Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.
Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.



Kegunaan Superkomputer

Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomp

Tiga Superkomputer tercepat di dunia

Tiga superkomputer tercepat dari 500 komputer tercepat di dunia (Juni 2011) adalah:

K computer buatan Fujitsu, Jepang. Kecepatan 8.162 petaFLOP. Diluncurkan Juni 2011.

RIKEN dan fujitsu baru saja meluncurkan produk hasil kerja samanya, yakni sebuah super komputer tercepat di dunia. Superkomputer yang memiliki nama K computer memiliki tingkat performa mencapai 10.51 Petaflop, lebih tinggi dibandingkan superkomputer tercepat sebelumnya yang hanya mencapai tingkat performa 8 petaflop.
Superkomputer ini dibangun dengan menggabungkan total 88.128 CPU. Di bagian dalamnya, superkomputer ini menggunakan prosesor milik Fujitsu, yakni chip Sparc64 VIIIfx yang memiliki delapan core, TDP 58W dan puncak performa mencapai 12 GFlop pada clock rate 2GHz.
Untuk mencapai tingkat performa 10 petaflop, Fujitsu memasukkan beberapa ekstensi yang dikembangkan untuk cluster high performance, yang memungkinkan sebuah aplikasi untuk dapat memanage L2 shared cache CPU 6MB. Selain itu instruksi ini juga memberikan dukungan untuk SIMD, 256 floating point register per core dan meningkatkan kemampuan sinkronisasi hardware 


Tianhe-IA buatan National Supercomputing Center Tianjin, Republik Rakyat Cina. Kecepatan 2.566 petaFLOP. Diluncurkan Oktober 2010.

China mengklaim menjadi kampiun dalam perlombaan superkomputer. Gelar "kampiun" negara superkomputer ini jatuh ke pihak China setelah negara tersebut merilis superkomputer Tianhe generasi baru , yakni Tianhe 1A. (Lihat  Tianhe I). Dengan superkomputer generasi baru , memungkinkan 2.5 ribu triliun kalkulasi (2.500.000.000.000.000) setiap detiknya. Untuk mencapai kecepatan tersebut , Tianhe 1A dibekali 7500 prosesor grafik dan 14 ribu prosesor Intel. Kecepatan Tianhe IA menggeser superkomputer Jaguar.

Jaguar buatan Cray, Amerika Serikat. Kecepatan 1.759 petaFLOP. Diluncurkan tahun 2009.

Jaguar dengan menggunakan processor AMD Opteron x86_64 Six Core 2600 MHz (10,4 GFlops) dapat melakukan proses mencapai 1,75 petaflop / s, atau quadrillions dari operasi floating point per detik. Sedangkan dalam posisi kedua adalah diduduki IBM Roadrunner yang menggunakan processor PowerXCell 8i 3.200 MHz (12.8 GFlops) yang hanya mampu melakukan proses 1,04 petaflop / s.

0 komentar: