Selasa, 05 November 2013

Wisata di Pesisir Selatan Sumatra Barat

Akhir tahun 2012 lalu saya pergi melancong ke Pesisir Selatan di Sumatra Barat. Tepat nya rumah teman yang bernama Ita. Kalo  ada yang kenal makhluk yang bernama Ita di painan, yang tinggal di toko sablon stempel dekat pasar kota painan kemungkinan besar itu adalah dia. haha :D

Kabupaten Pesisir Selatan adalah salah satu dari 19 kabupaten / kota di Propinsi Sumatra Barat, dengan luas wilayah 5.749,89 Km2. Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan terletak di bagian selatan Propinsi Sumatra Barat, memanjang dari utara ke selatan dengan Panjang garis pantai 234 Km.

Waktu itu emang pengen refreshing lihat alam (padahal niat berfoto-foto doang), makanya ngikut Ita pulang ke kampung halamannnya. Saya berada di rumah Ita selama tiga hari dua malam. Memuaskan bisa menikmati indah nya pesisir selatan walaupun belum semua nya terjelajahi. Adapun daftar tempat wisata yang kami kunjungi waktu itu adalah sebagai berikut. :)


1. Pantai Carocok
Objek wisata Pantai Carocok Painan terletak di kecamatan IV Jurai, disebelah barat kota Painan, berjarak sekitar 2 km dari pasar Painan, atau dengan Jarak Tempuh 77 KM dari Padang. Kawasan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak, dari kejauhan juga Nampak Pulau Semangki dengan pemandangan yang sangat indah dan airnya yang bersih, serta apabila berada di Puncak Bukit Langkisau akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan.



2. Bukit Langkisau
Suatu hal yang wajib mengunjungi Bukit Langkisau ketika melancong ke Pesisir Selatan. Jalanan yang lumayan ekstrim jika menggunakan kendaraan ke Puncak Langkisau. Tak jarang penduduk berjalan kaki ke puncak sambil jogging. Sepanjang jalan kita akan melalui tanjakan yang berbelok-belok, namun mata kita dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa di sisi kiri-kanan. Panorama laut serta pepohonan yang indah untuk dinikmati. Setiba di puncak, Subhanallah indah nya..


3. Air Terjun Bayang Sani
Air terjun Bayang Sani di kampung Koto Baru kecamatan Bayang yang memiliki ketinggian hampir 80 puluh meter ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulunya. Konon pada zaman penjajahan belanda, air terjun Bayang Sani ini menjadi tempat mandi-mandinya mener-mener dan nona-nona belanda. Mungkin karena itu kali ya mucul mitos-mitos di air terjun ini.


4. Jembatan Akar
Berlokasi di kampung Pulut-pulut kecamatang Bayang Utara. Objek wisata ini berjarak 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang. Jembatan Akar merupakan objek wisata yang sangat unik karena jembatan ini terbentuk dari penyatuan jalinan akar-akar pohon beringin, sehingga membentuk sebuah jembatan, dan yang menarik lagi di bawahnya terdapat sungai/batang Bayang, yang bisa digunakan untuk aktivitas arung jeram.
Hal yang mengesankan ketika kami menuju ke jembatan akar adalah hujan yang lebat, tapi saya dengan Ita tetap berani menempuh hujan lebat berdua saja dengan sepeda motor. Jembatan akar adalah tujuan wisata penutupan kami pada perjalanan kali ini. Perjalanan pulang pun kami lewati dengan hujan lebat. Nice moment.. :)




Nah kalau masih ada yang penasaran Ita itu bagaimana bentuk nya, ini di kasih foto :D



2 komentar:

Unknown mengatakan...

test.. test.. :D

Unknown mengatakan...

hehe blogny bagus mbak. sebenerny klo buat hunting foto banyak loh daerah painan yg bisa dijadiin andalan. atau mau hunting makanan, berjalan lebih ke selatan lg hehe